- / / : 081284826829

Moralitas Pembangunan Kota Semarang

"Pembangunan diartikan sebagai usaha untuk memajukan kehidupan masyarakat. Pembangunan seringkali diartikan dan diidentikan sebagai kemajuan yang dicapai masyarakat di bidang ekonomi. Padahal, perkembangan itu merupakan sesuatu yang dapat diukur, sedangkan pembangunan menunjuk pada perubahan akibat dari suatu perkembangan."

Moralitas Pembangunan Kota Semarang

Oleh: Arda Dinata


Permasalahan Kota Semarang demikian kompleks sehingga dibutuhkan perencanaan yang matang. Dalam hal ini, ada beberapa kriteria yang dapat dilakukan untuk menentukan skala prioritas pembangunan di Kota Semarang, yaitu: (1) Sektor tersebut yang menjadi landasan bagi fungsi lainnya.; (2) Sektor itu yang membutuhkan penanganan mendesak. Hal ini mengandung pengertian bahwa permasalahan fungsi/ sektor tersebut memberikan dampak terganggunya kinerja dan kehidupan masyarakat kota; dan (3) Sektor itu yang mampu menumbuhkembangkan daya, karsa, cipta dan kinerja masyarakat kota.



Atas dasar kriteria itu, ada beberapa sektor prioritas pembangunan yang harus dilakukan di Kota Semarang.  

Pertama, penguatan ekonomi masyarakat. Penguatan ekonomi masyarakat diharapkan akan mampu mendorong  peningkatan kemampuan masyarakat sehingga memiliki kemampuan bertahan dalam menghadapi berbagai tantangan. Dengan pendampingan dan penguatan institusi lokal, bantuan dana bergulir bagi masyarakat, dan bantuan pembangunan sarana prasarana, diharapkan dapat memperkuat kondisi ekonomi masyarakat.

Kedua, peningkatan pelayanan publik. Upaya ini dilakukan untuk mewujudkan pelayanan yang mudah, cepat, tepat dan murah/ terjangkau demi tercapainya pelayanan prima. Hal ini melalui pemberdayaan dan perwujudan aparatur pemerintah yang bersih (clean governance) dan ditunjang dengan sarana dan prasarana pelayanan secara memadai, salah satunya dengan mengembangkan electronic goverment. Dengan pelayanan publik yang baik diharapkan dapat menumbuhkan kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah, mengurangi biaya tinggi serta mendorong aktivitas perekonomian.

Ketiga, peningkatan infrastruktur kota. Pembangunan infrastruktur kota ditekankan pada peningkatan kualitas, kapasitas prasarana kota dan pengembangan wilayah pinggiran terutama yang mendukung kelancaran arus barang dan jasa, meningkatan daya tarik investasi dan mendukung aktivitas perekonomian lokal.

Keempat, peningkatan sumber daya manusia. Pembangunan ditekankan pada perluasan dan pemerataan kesempatan memperoleh pendidikan dan kesehatan terutama bagi masyarakat  miskin serta pelayanan keagamaan bagi seluruh masyarakat.

Kelima, penanganan lingkungan hidup. Upaya ini adalah dimaksudkan untuk menjamin pembangunan berkelanjutan yang bermanfaat bagi masyarakat saat ini dan bagi generasi mendatang. Pembangunan ini ditekankan pada penanganan masalah rob dan banjir, lahan kritis, kerusakan kawasan pesisir dan pencemaran lingkungan yang dilakukan secara komprehensif dan berkelanjutan. Upaya ini dilakukan dalam rangka meningkatkan kualitas lingkungan serta mengurangi ekonomi biaya tinggi dan dampak negatif lainnya.

Keenam, pengembangan seni dan budaya. Sektor ini bertujuan untuk mempertahankan nilai-nilai budaya dan agama yang mengakar dari warisan leluhur, dengan harapan dapat membentuk nilai-nilai kepribadian masyarakat yang mertabat.

Adapun sebagai realisasinya dilakukukan melalui strategi penguatan dan pemberdayaan SDM, pertumbuhan sektor-sektor prioritas, pemerataan pembangunan, efisiensi penganggaran, keserasian pembangunan, dan strategi kesinambungan program pembangunan. Selain itu, ada hal yang harus diperhatikan dalam pembangunan sebuah kota, yaitu moralitas. Artinya, jika subyek pembangunannya tidak memihak pada kepentingan masyarakat, maka dapat dipastikan bahwa perencanaan pembangunan akan melenceng dan menjadi kepentingan individu, kelompok dan golongan. Pembangunan akan berjalan dengan baik, jika para pelaku (stakeholder) memiliki integritas moral.*** 

Bagaimana menurut Anda?  




Pekerjaan sebagai Penulis Lepas dan PNS
http://miqraindonesia.com
Arda Dinata
@ardadinata

Arda Dinata, pendiri Majelis Inspirasi Alquran dan Realitas Alam/ MIQRA Indonesia, www.miqraindonesia.com 


Arda Publishing House
Pusat Pustaka Ilmu, Inspirasi dan Motivasi Menjadi Orang Sukses
Jl. Raya Pangandaran Km. 3 Kec. Pangandaran - Ciamis Jawa Barat 46396
http://www.ardadinata.web.id
WWW.ARDADINATA.COM